3/1/20

Kelebihan SSD dibanding Hard disk biasa! Tidak akan menyesal beli SSD!



SSD merupakan singkatan dari Solid State Drive. SSD merupakan teknologi baru yang hadir dan kian digemari oleh kalangan umum, termasuk gua yang suka main game. Di sini gua akan kasih tahu kalian alasan kalian harus membeli SSD dan kelebihan SSD yang membuat gua sebagai salah satu pengguna SSD sangat merekomendasikan hal ini. Tentu saja juga termasuk kelebihan SSD di bidang keawetan, kecepatan dan kualitas yang melampaui HDD. Sekali SSD tetap SSD, tidak akan pindah ke HDD lagi kalau kalian sudah coba!
.
Harga SSD dan jenis yang bisa dipakai

Untuk masalah harga, harga SSD pada masa sekarang sudah jauh lebih terjangkau daripada zaman dahulu. Jangan lupa kalau cari SSD, harus yang cocok dengan laptop/PC kalian. Ini penting gaes, jangan sampai ketika kalian beli SSD, setelah sampai dan dicoba di laptop/PC ternyata tidak cocok dan tidak bisa dipasang, rugi! Kalian bisa cari di google dengan cara ketik ‘SSD untuk laptop merek a’. Kalian bisa lihat di tokped atau shopee, jangan lupa cari yang diskon biar lebih murah.
.
Kelebihan SSD dibanding HDD

1. Lebih tahan dan stabil terhadap suhu.
.

Karena memiliki kapasitas kerja yang lebih baik, SSD mampu meng-handle program lebih banyak yang akhirnya berdampak pada suhu. SSD cenderung memiliki suhu yang lebih rendah daripada HDD. Tentu saja ini berpengaruh pada keawetan laptop. Laptop yang cepat panas tentu lebih cepat rusak

SSD juga sifatnya diam (karena merupakan kepingan), tidak seperti HDD yang menggunakan piringan. Piringan pada HDD berputar pada kecepatan tinggi yang menyebabkan suhu menjadi lebih tinggi, hal itu tidak terjadi pada SSD. Ini screenshot dari laptop gua.

2. Lebih cepat daripada hdd, gamers friendly!
Bukan hanya 2x lebih cepat, tapi bisa 4-5x lebih cepat daripada HDD. Terutama dalam loading program dan bermain game. Menurut pengalaman gua pribadi, waktu pakai HDD, loading windows waktu start bisa sampai 4-5 menit, setelah pakai ssd, waktu loading gua cuma 20 detik! 


Iya gaes, secepat itu! Apalagi urusan game, loading cepat merupakan suatu kebutuhan. Kalian juga bisa cari video di youtube untuk perbandingan kecepatan ini. Lihat disini


Bukan hanya soal loading, tapi juga dalam hal copy dan paste file, meng-ekstrak file RAR yang besar ukurannya dan juga rendering video, SSD menang mutlak jika musuh HDD. Tentu saja ini akan menambah kenyamanan saat  menggunakan laptop/PC. Sangat ideal untuk digunakan oleh profesional. File berat bukan lagi masalah!

3. Tidak berisik
Mungkin untuk pengguna PC tidak terlalu terasa jika hardisk nya berisik, tapi untuk pengguna laptop sangat terasa gaes. Apalagi waktu malam hari, suara bising dari HDD akan membuat kalian kurang nyaman saat memakai laptop. SSD merupakan solusi bagi kalian yang benci dengan hal tersebut. SSD bekerja sesunyi malam. 

4. Ukuran tipis, tahan goncangan
Kalian pasti sudah tahu kalau HDD berbentuk kotak yang sangat makan tempat, tapi tidak untuk ssd. ssd memiliki ukuran yang tipis dan berat yang lebih ringan bila dibandingkan dengan ssd. Ukuran tersebut juga membuat SSD lebih tahan terhadap goncangan bila dibandingkan dengan HDD. Pasti juga cocok apabila digunakan oleh notebook.

Itu yang bisa gua sampaikan. Gua bisa buat artikel seperti ini karena gua sudah test ssd secara pribadi dan gua sangat merekomendasikan ke kalian untuk segera beralih ke ssd. Jangan lupa follow dan subscribe blog gua agar kalian mendapat info terbaru lainnya. Terimakasih telah berkunjung dan sampai jumpa

I'm someone who's passionate about learning, exploring, and enjoying life to the fullest. I'm excited to see what the future holds, and to continue growing and evolving as a person.


EmoticonEmoticon